Selamat datang di blog Aulia.

Scrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text GeneratorScrolling Glitter Text Generator

Kamis, 17 Juli 2008

Filsafat Umum

Makna dari Filsafat

Awal timbulnya filsafat yaitu dari ketakjuban orang Yunani terhadap alam semesta ini. Maka timbullah pertanyaan-pertanyaan dari sikap heran akan alam semesta, bila berfikir untuk menemukan jawaban itu maka akan dipertanyakan lagi dan lagi, karena masih banyak keraguan yang ada pada jawaban tersebut, pemikiran secara mendalam itulah yang disebut berfilsafat. Filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia dan philosophos. Philosophia berasal dari kata philos dan sophia, sedangkan philosophos berasal dari kata philos dan sophos.

a. Pengertian Philos,shopos, philein, dan sophia.

· Poedjawijatna mengatakan, dalam bahsa Yunani, kata Philosophia merupakan kata majemuk dari kata philos dan sophia. Philos arinya cinta, dalam makna luasnya berusaha mencapai yang diinginkan. Sophia artinya kebjaikan atau pandai, dalam makna luasnya mecapai kepandaian. Jadi philosophia memiliki makna cinta kebajikan
· M. Rasjidi dan Harifudin Cawidu mengatakan, filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philosophia yang asal katanya philo atu philein yang memiliki makna pengetahuan, kebijaksanaan (hukum atau wisdom). Jadi philosophia memiliki arti kebijaksanaan.
· Harun Nasution mengatakan, kata fisafat bukan berasal dari struktur kata philos dan sophia, philos dan sophos atau philosophein. Tetapi berasal dari bahasa Yunani yang berasal dari kata philein yang berarti cinta dan shopos yang berarti wisdom.
· Ali Mudhafir mengatakan, Kata filsafat berasal dari bahsa Arab, philosophy berasal dari basa Inggris, philosophies berasal dari bahas Jerman, Belanda, dan Perancis. Tapi semua itu berasal dari bahasa Yunani yaitu kata philosophia yaitu dari kata philein, philos, sophos, dan sophia. Philein berarti mencintai, philos berarti teman, sophos berarti bijaksana dan sophia bertarti kebijaksanaan. Jadi istilah filsafat memiliki dua pengertian, yang berbeda. Pertama dari asal kata philein dan sophos dengan arti mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana (filsafat sebagai kata sifat). Kedua dari kata philos dan sophia dengan arti teman kebijaksanaan (filsafat sebagai kata benda).

b. Fungsi belajar filsafat sebagai akademisi.

Filsafat memiliki tujuan, yaitu menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di alam semesta ini, juga “apa” yang menjadi tujuan hidup manusia melalui pemikiran yang mendalam. Pemikiran-pemikiran secara fisafati sangat dibutuhkan oleh kita sebagai mahasiswa, karena jika memecahkan suatu masalah harus melalui pemikiran yang mendalam, berisikan sumber-sumber yang jelas dan bersikap kritis, tetapi mampu mempertanggung jawabkannya. Maka segala keputusan dari pengalaman-penglaman yang kita ambil tidak akan sia-sia, sudah di fikirkan masak-masak baik buruknya dan konsekuensi yang harus kita ambil.

Tidak ada komentar: